Mudahnya Tingkatkan Bonding Ibu dan Anak dengan Cara ini

bonding

Orang tua dan anak merupakan anggota dalam keluarga yang tentunya memiliki suatu ikatan tersendiri. Banyak cara yang harus dilakukan untuk selalu membuat harmonisnya keluarga tersebut. Tidak lain adalah dengan melakukan berbagai macam aktivitas bersama-sama dan tentunya dibarengi dengan ikatan yang erat antara satu sama lain. Berbagai macam aktivitas tersebut termasuk dengan apa yang dimaksud dengan bonding.

Ikatan batin antara ibu dan bayi merupakan landasan penting bagi tumbuh kembang dan kebahagiaan anak. Ikatan ini tidak hanya penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi, namun juga bagi kesehatan psikologis ibu. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara yang tepat untuk mempererat ikatan batin antara ibu dan anak, sehingga dapat memberikan dampak positif yang bertahan lama bagi kedua belah pihak. 

1. Kontak Kulit ke Kulit 

Salah satu cara terbaik untuk mempererat ikatan batin  ibu dan bayi adalah dengan melakukan kontak  kulit. Kulit bayi  baru lahir sangat sensitif terhadap sentuhan ibu. Kontak kulit setelah melahirkan dapat merangsang pelepasan oksitosin, hormon yang meningkatkan perasaan cinta dan ikatan antara ibu dan bayi. Selain itu,  juga membantu mengatur suhu bayi dan mengurangi stres. 

2. ASI Eksklusif 

Menyusui merupakan saat yang sangat istimewa untuk mempererat ikatan batin. ASI tidak hanya menjadi sumber nutrisi penting namun juga menjadi sarana ibu dan bayi berinteraksi secara erat satu sama lain. Saat bayi disusui, ikatan emosional yang kuat terbentuk melalui  mata, sentuhan, dan kehadiran fisik ibu. ASI eksklusif juga mengandung bahan-bahan penting yang mendukung perkembangan otak bayi Anda. 

3. Bicaralah dengan bayi Anda 

Sekalipun bayi Anda belum bisa berbicara, berbicara dengannya adalah cara yang efektif untuk mempererat hubungan batin. Bayi itu dengan gembira menanggapi suara ibunya. Cobalah membaca, menyanyi, atau sekedar berbicara dengan lembut saat Anda merawat bayi Anda. Hal ini berkontribusi terhadap perkembangan bahasa anak dan juga meningkatkan perasaan aman. 

4. Kontak mata yang dalam 

Kontak mata adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dan menjalin ikatan dengan bayi Anda. Saat berbicara dengan bayi Anda  atau menyusui, usahakan untuk menjaga kontak mata yang kuat. Ini akan membantu bayi Anda merasa terhubung secara emosional dengan Anda. 

Itulah beberapa cara agar ibu dan bayi bisa memiliki bonding yang kuat. Pastikan juga ibu selalu memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan berbagai kebaikan di dalam tubuh salah satunya adalah dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan Blackmores dengan berbagai macam varian.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *