Kenali Penyebab Pusar Bayi Berdarah untuk Mencegahnya

Saat bayi lahir, tali pusar akan dipotong sehingga meninggalkan sedikit sisa di bagian perut Si Kecil. Biasanya tunggul tali pusar tersebut akan mengering dan jatuh dengan sendirinya. Waktu tunggul tali pusar terlepas berbeda-beda, namun umumnya lebih dari seminggu sejak Si Kecil lahir. Pada saat itu, ada risiko pusar bayi berdarah. Anda perlu mengetahui penyebabnya agar bisa mencegah pusar bayi mengeluarkan darah. Langsung saja, berikut penyebabnya:

pusar bayi berdarah

1. Gesekan dengan Popok atau Pakaian

Penyebab pusar berdarah pada bayi yang pertama yaitu gesekan dengan popok atau pakaian. Apalagi jika kondisi pusarnya belum kering, maka gesekan kecil bisa menyebabkan munculnya darah. Pastikan memilih popok dan pakaian yang longgar untuk meminimalisir gesekan. Sekarang juga ada popok dengan fitur u-shape untuk melindungi pusar.

2. Tunggul Tali Pusar Baru Saja Terlepas

Selain gesekan dengan popok atau pakaian, pusar berdarah pada bayi juga bisa disebabkan karena tunggul tali pusar baru saja terlepas. Apabila terlepas, Anda harus selalu menjaga area pusar tetap kering dan bersih. Jadi tidak mudah terkena infeksi ataupun iritasi. 

3. Salah dalam Merawat Pusar Bayi

Pusar bayi baru lahir memang cukup sensitif. Anda perlu ekstra hati-hati saat merawatnya. Terutama saat membersihkan bagian tubuh di sekitar pusar. Apabila ada sedikit darah, Anda bisa langsung membersihkannya. Hal tersebut termasuk normal asalkan darahnya sedikit.

4. Infeksi

Penyebab terakhir adalah terjadinya infeksi. Ketika pusar bayi mengalami infeksi, maka langkah penangannya yaitu dibawa ke dokter. Ada beberapa ciri-ciri pusar mengalami infeksi yaitu pembengkakan, mengeluarkan nanah, kemerahan, demam, lesu, dan bayi rewel. Tidak perlu menunggu, langsung saja bawa ke dokter.

Itulah penyebab pusar bayi berdarah yang perlu Anda ketahui. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan memakai popok yang tepat. MAKUKU SAP Diapers adalah rekomendasinya untuk Anda. Popok anti bocor dan anti ruam ini menawarkan fitur yang dinamakan u-shape.

Sesuai namanya, fitur tersebut berupa bentuk huruf U yang membuat bagian pusar Si Kecil terlindungi. Jadi tidak ada alasan pusar Si Kecil berdarah akibat gesekan dengan popok. Jangan lupa pilih ukuran NB karena fitur u-shape ada di MAKUKU SAP Diapers ukuran NB.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *