Berlian Sebagai Hadiah Ulang Tahun untuk Segala Usia

Momen ulang tahun merupakan momen bermakna bagi setiap orang setiap tahunnya. Momen ini menandakan bertambahnya usia seseorang dan merupakan momen spesial yang biasanya dirayakan bersama orang terdekat. Orang yang berulang tahun biasanya akan mengadakan pesta untuk merayakan bertambahnya usia. Para tamu yang diundang akan membawa hadiah ulang tahun untuk diberikan kepada orang tersebut. Ada berbagai macam hadiah ulang tahun yang dapat anda berikan, namun tentu anda akan melihat dulu usia orang tersebut sebelum memberikannya hadiah. Tidak mungkin kan anda memberikan mainan untuk orang yang berumur 40 tahun?

Berbagai macam hadiah dapat anda berikan, tapi tahukah anda hadiah yang dapat diberikan untuk segala usia? Berlian menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan hadiah ulang tahun kepada orang disegala rentang usia. Karena berlian tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan saja, namun bisa juga dijadikan sebagai alat investasi yang aman. Jika memiliki anak yang berulang tahun, anda dapat memberikannya beberapa karat berlian, untuk dijadikan investasi ketika anak tersebut sudah besar, begitu pula dengan orang dewasa. Para investor dan kolektor berlian akan sangat mengincar batu permata yang berkilau ini. 

Hadiah Ulang Tahun
Hadiah Ulang Tahun

Tidak hanya wanita, para pria juga dapat menggunakan berlian sebagai perhiasan untuk aksesoris seperti topi, jam tangan, dan ikat pinggang. Jika tidak ingin menggunakannya sebagai aksesoris, maka dapat dialihkan sebagai investasi yang aman atau hiasan. Berlian dengan kualitas yang bagus akan memiliki harga yang tinggi juga. Sehingga sangat diperlukan ketelitian untuk memilih berlian yang berkualitas jika anda ingin membeli berlian sebagai hadiah. Anda juga dapat memodifikasi bentuk dan tampilan berlian sesuai dengan selera orang yang akan anda berikan hadiah ini. 

Anda perlu memahami apa itu cut (potongan), clarity (kejernihan), color (warna), dan carat (karat), atau yang biasa disebut dengan 4C. Semakin baik kualitas keempat kriteria ini, semakin mahal pula harga berlian tersebut di pasaran. Anda juga perlu mengetahui perbedaan berlian yang asli atau palsu dengan membawanya ke ahli batu permata agar dapat dilakukan pengecekan. 

  • Cut (potongan)

Potongan berlian sangat menentukan bentuk berlian dan bagaimana berlian tersebut memantulkan cahaya yang menghasilkan tingkat kecemerlangan tertentu. Semakin banyak jumlah sisi potongan, semakin berkilau  juga berlian tersebut. Potongan yang bagus dan teliti akan menghasilkan kilauan yang indah.

  • Clarity (kejernihan)

Kejernihan adalah kualitas berlian dengan melihat tampilan visual internal berlian, atau yang disebut inclusion (inklusi) dan cacat fisik atau yang disebut blemishes (noda). Inklusi dapat berupa partikel-partikel zat lain yang terjebak dalam berlian. Sementara noda adalah goresan, potongan, atau bintik yang terlihat pada berlian. Kedua aspek ini dapat digunakan sebagai tanda pengenal berlian, karena tiap berlian memiliki inklusi dan noda yang berbeda, fungsinya sama seperti sidik jari manusia.

  • Color (warna)

Warna berlian memiliki berbagai macam corak, mulai dari yang paling umum berwarna kuning, abu-abu, dan coklat. Hingga warna yang langka seperti warna biru dan merah. Berlian dengan harga termahal dan paling langka adalah yang tidak berwarna atau colorless. Setiap warna berlian memiliki harga yang berbeda-beda, maka anda dapat menyesuaikan dengan selera orang yang anda hadiahi. 

  • Carat (karat)

Karat merupakan satuan massa untuk mengukur berat berlian. Satu karat sama dengan ⅕ gram, berat berlian yang lebih besar tidak menentukan kualitas berlian. Berlian yang lebih kecil bisa jadi lebih mahal dibanding yang lebih besar .

Sekarang sudahkah anda memutuskan untuk memberikan hadiah apa kepada orang terdekat yang sedang berulang tahun? Berlian dapat menjadi jawabannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *