Dilema Kerja Sambil Kuliah Serta Tips Menjalaninya

Bekerja atau kuliah, keduanya memang kebutuhan yang harus kita ambil, seringkali kita merasa bimbang selepas kita menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah menengah atas, di satu sisi pendidikan sangatlah penting dan di satu sisinya mengawali sebuah karir dengan bekerja juga sangatlah penting, keduanya memang tidak bisa terelakkan dalam setiap pilihan kita.

Ada yang menempuh bangku perkuliahan terlebih dahulu hingga selesai dan setelah itu melanjutkan untuk bekerja, dan sebaliknya juga seperti itu ada yang mengawali karir dengan bekerja terlebih dahulu dan untuk masalah pendidikan dalam bangku perkuliahan nanti saja kalau karir dalam pekerjaannya sudah jelas. Namun dari kedua pilihan tersebut juga tidak jarang ada yang mengambil kedua-duanya dalam waktu bersamaan, kerja sambil kuliah.

Kalimat tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita di khalayak ramai, kita sering mendapati beberapa orang mahasiswa yang bekerja juga. Bekerja sambil kuliah ini juga sudah cukup banyak dilakoni oleh beberapa mahasiswa dan begitu juga sebaliknya bagi orang – orang yang sudah bekerja, mereka juga sambil mengenyam bangku perkuliahan.

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Namun untuk melakoni 2 kegiatan yang berbeda dan harus dilakukan waktu bersama itu pun juga tidak mudah, banyak tenaga yang dibutuhkan dalam menghadapi kondisi kerja sambil kuliah tersebut, tapi jangan khawatir ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika kalian menginginkan berada posisi seperti itu.

  • Memilih jurusan yang linier dengan bidang pekerjaan saat ini

Apabila tujuan dari kuliah untuk menunjang karir dalam pekerjaan yang telah dibangun agar bisa menduduki posisi yang lebih baik, kamu bisa memilih program studi yang sesuai dengan bidang pekerjaan kalian, minimal berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Seperti contoh jika kalian bekerja dalam bidang administrasi kalian bisa mengambil program kuliah akuntansi, manajemen maupun lainnya.

  • Memilih metode perkuliahan yang mendukung program bekerja sambil kuliah

Saat kalian memilih kerja sambil kuliah, bisa jadi jadwal perkuliahan kamu akan berbeda dengan para mahasiswa lainnya yang juga dalam bangku kuliah, dan besar kemungkinan juga kalian tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dengan jam reguler seperti biasa, karena harus menyesuaikan dengan jadwal kalian bekerja. Cari program seperti itu agar tidak mengganggu jam kerja kalian, biasanya perkuliahan seperti ini dimulai pada jam malam hari dengan jumlah jam tatap muka yang relatif lebih sedikit.

  • Mempertimbangkan jarak lokasi kalian bekerja dengan lokasi perkuliahan

Memang cukup sulit juga untuk menemukan lokasi perkuliahan dengan lokasi yang tidak jauh dari lokasi pekerjaan, namun ini menjadi faktor yang cukup penting, karena hal ini akan berimbas dalam performa kalian dalam menjalankan kedua aktivitas tersebut sesuai dan maksimal. Karena tidak mungkin kita memilih lokasi bekerja dan kuliah dengan jarak terlalu jauh, karena hal itu bisa menjadikan kita tidak akan pernah maksimal dalam melaksanakan kedua kegiatan tersebut.

Dari ketiga tips yang sudah disebutkan tadi bahwasanya melaksanakan kedua jenis aktivitas kerja sambil kuliah tersebut secara bersamaan itu tidaklah mudah, namun dengan mengetahui beberapa tips tersebut kita bisa lebih bijak memilih tempat perkuliahan yang sesuai dengan pekerjaan anda. Di saat ini sudah cukup banyak Universitas ataupun perguruan tinggi yang menyediakan program kerja sambil kuliah, diantranya adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) sebuah lembaga institusi pendidikan ilmu yang akan membuat kamu siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *