Memahami Perbedaan Ciri Ciri Mata Iritasi dan Mata Kering

Mata adalah salah satu indera yang sangat penting, yang mana merupakan indera penglihatan yang membantu kita untuk melihat dunia dan membantu berbagai aktivitas, kondisi seperti iritasi mata dan mata kering dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan mata, penting untuk Anda mengetahui ciri ciri mata iritasi dan mata kering serta bagaimana cara mengatasinya.

Meskipun gejala dari mata iritasi maupun mata kering mungkin terlihat serupa, akan tetapi kedua kondisi ini memiliki perbedaan karakteristik yang penting, berikut ini perbedaan yang harus Anda ketahui:

Mata Iritasi

1. Ciri Ciri Mata Iritasi:

  • Mata Merah dan Berair: Mata yang terkena iritasi akan mengalami perubahan yang mana akan berubah menjadi tampak merah dan berair. Ini bisa disebabkan oleh paparan zat iritan atau benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata.
  • Terasa Gatal dan Sensasi Terbakar: Gejala ini sering dijumpai pada mata yang mengalami iritasi. Sensasi gatal atau terbakar bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang mengiritasi mata.
  • Sensasi Pasir di Mata: Beberapa orang yang mengalami iritasi mata melaporkan sensasi seperti ada pasir di mata. Ini dapat terjadi jika ada debu, kotoran atau benda asing lain yang masuk ke mata sehingga terasa seperti mengganjal.

Mata Kering

1. Ciri Ciri Mata Kering:

  • Rasa Kering atau Terbakar: Mata kering sering diidentifikasi oleh rasa kering atau terbakar, terutama ketika berada di lingkungan yang kering atau berangin, reaksi mata kering akan lebih terasa.
  • Sensasi Seperti Ada Pasir: Mirip dengan mata iritasi, mata kering juga dapat memberikan sensasi seperti ada pasir di mata.
  • Pandangan Kabur: Penyebab pandangan yang menjadi kabur disebabkan karena kekurangan cairan pada mata, yang bisa menyebabkan penglihatan kabur atau sulit berkonsentrasi.
  • Mata Terasa Lelah: Mata kering juga dapat disertai dengan rasa lelah, terutama setelah waktu yang lama di depan layar komputer atau paparan cahaya terang.

Dengan mengetahui perbedaan mata kering dan ciri ciri mata iritasi serta penyebabnya adalah langkah awal dalam merawat mata Anda. Untuk penanganan pertama, Anda bisa bisa menggunakan obat tetes mata Insto, untuk mengobati dan meredakan rasa sakit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *