Tips Belajar Pemrograman untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika

Pemrograman merupakan proses menulis kode untuk membangun sebuah program komputer. Kode yang digunakan untuk membuat program tersebut lebih dikenal dengan istilah bahasa pemrograman. Sedangkan proses membuat program dengan menulis kode bahasa pemrograman sering dikenal dengan istilah coding. Ketika Anda masuk sebagai mahasiswa jurusan Teknik Informatika maka Anda wajib melakukan coding.

Meskipun tampak sederhana, namun coding atau pemrograman merupakan hal yang sangat sulit. Malah kebanyakan mahasiswa baru jurusan TI mengeluh tidak bisa coding atau membuat program. Bagi Anda yang ingin masuk jurusan TI dan khawatir tidak bisa coding, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk belajar pemrograman. Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda:

jurusan Teknik Informatika
jurusan Teknik Informatika
  • Pahami Dasar-dasar Pemrograman

Sama seperti ilmu lainnya, Anda harus memahami dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu sebelum menguasai pemrograman itu sendiri. Pelajari berbagai hal mengenai pemrograman mulai dari pengertian, tujuan, bahasa yang digunakan, dan lain sebagianya. Memahami dasar pemrograman dengan baik bisa memudahkan Anda dalam belajar coding.

  • Perbanyak Melakukan Praktek

Tips belajar pemrograman untuk Anda yang ingin kuliah jurusan Teknik Informatika selanjutnya adalah dengan memperbanyak latihan. Meskipun coding berhubungan dengan logika akan tetapi mata kuliah ini membutuhkan banyak latihan. Tidak sedikit mahasiswa yang memahami teori, namun kurang bisa mengaplikasikannya dalam bentuk coding. Jika Anda banyak latihan maka teori yang dimiliki bisa diaplikasikan dengan baik.

  • Cari Modul atau Tutorial yang Detail

Ada banyak sekali modul dan tutorial yang bisa membantu Anda belajar coding dengan cepat. Selain melalui Google, Anda bisa mencari tutorial melalui platform Youtube. Buku-buku bertema pemrograman juga bisa membantu Anda belajar mengenai coding. Pastikan modul atau tutorial yang digunakan jelas dan detail sehingga mudah dipahami.

  • Rajin dan Disiplin

Rajin dan disiplin merupakan dua karakter penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan TI. Usahakan untuk belajar di tempat yang sunyi sehingga Anda bisa fokus dan konsentrasi. Agar lebih efektif, Anda bisa membuat jadwal belajar tersendiri. Misalnya Anda harus menyempatkan waktu sebanyak minimal satu jam sehari untuk belajar pemrograman atau coding.

  • Jangan Menyerah

Coding memang bukan pekerjaan yang mudah, apalagi bagi para pemula. Anda pasti akan sering menemui error atau bug saat menulis syntax bahasa pemrograman. Jika ingin menjadi programmer yang handal, Anda tidak boleh menyerah. Berusahalah mencari solusi setiap ada masalah pada program yang Anda buat.

  • Buat Kelompok Belajar

Motivasi untuk belajar sendiri terkadang hilang karena berbagai hal. Agar motivasi tetap ada, Anda bersama teman kampus bisa membuat kelompok belajar. Adanya kelompok belajar jauh lebih efektif dibandingkan harus belajar sendiri. Pasalnya ada teman yang bisa diajak diskusi atau berbagi pikiran.

  • Cari Mentor

Tips belajar pemrograman terakhir yaitu mencari mentor. Mentor di sini tidak harus orang yang menyediakan jasa kursus atau les pemrograman. Mentor bisa saja teman atau senior yang lebih berpengalaman dalam coding. Anda juga bisa ikuti grup atau komunitas yang berisi programmer berpengalaman maupun pemula.

Itulah beberapa tips agar Anda lebih mudah dalam belajar pemrograman saat kuliah jurusan Teknik Informatika nanti. Sedangkan rekomendasi perguruan tinggi yang menyediakan jurusan TI adalah STMIK Bidakara dari IDS Digital College. Kampus ini terletak di wilayah Jakarta Selatan sehingga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang berada di sekitarnya. Banyak kelebihan IDS Digital College mulai dari fasilitas lengkap, dosen kompeten, hingga kurikulum bertaraf internasional. Informasi pendaftaran jurusan TI di STMIK Bidakara bisa Anda lihat pada laman resminya yaitu ids.ac.id.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *