Langkah Awal Dalam Membuat Kartu Kredit

kartu kredit
                                                                          kartu kredit

Sudah banyak masyarakat yang memakai kartu kredit sebagai alat atau metode pembayaran ketika sedang berbelanja. Salah satu alasan mereka menggunakan credit card ini yaitu karena penggunaannya yang mudah, praktis, dan memiliki banyak promo atau diskon yang didapatkan.

Namun, sebagian orang juga belum memahami bagaimana langkah awal yang harus dilakukan ketika ingin membuat credit card ini. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena di sini akan dibahas tahap-tahap atau langkah-langkah dalam membuat credit card. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut.

Tahap Membuat Kartu Kredit

Kartu kredit atau credit card ini sering digunakan oleh anak milenial, pengusaha, orang kantoran, atau masyarakat lainnya. Sebelum membuat credit card, Anda harus melihat kondisi keuangan Anda terlebih dahulu, apakah memiliki kendala atau tidak. Apabila memiliki sedikit kendala, lebih baik jangan dulu membuatnya.

kartu kredit
kartu kredit

Nah, kendala-kendala apa sih yang dimaksud di sini? Kendala yang dimaksud yaitu seperti keadaan keuangan Anda saat ini apakah sedang stabil atau tidak, apakah Anda memiliki prioritas lain atau tidak, jika iya, lebih baik menunda dulu. Karena credit card ini tidak harus dipakai juga oleh setiap orang.

Lalu bagaimana tahap-tahap yang harus dilakukan ketika ingin membuat credit card? Setelah memastikan persyaratan awal tadi, Anda bisa mengikuti tahap-tahap ini, ya. Dan, setelah memiliki credit card sebaiknya Anda memakai saat perlu saja.

  • Pilih Bank

Apabila Anda ingin membuat credit card ini, ada baiknya Anda memilih bank mana yang ingin Anda tuju. Misalnya Bank Sinarmas. Nah, pastikan Anda menabung di tempat yang sama, ya. Jangan bedakan tempat di mana Anda menabung dengan tempat Anda membuat credit card.

  • Menyiapkan Dokumen yang Harus Dibawa

Selanjutnya Anda harus menyiapkan dokumen yang akan diperlukan nantinya. Dokumen seperti apa itu? Apakah berbeda di setiap banknya? Setiap bank memiliki kualifikasi sendiri. Akan tetapi secara garis besar dokumen yang diperlukan tentu sama. Jika masih ragu, Anda bisa konsultasi kepada pihak bank.

Berikut dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Penghasilan
  • Fotocopy NPWP
  • Fotocopy Buku Tabungan Selama 3 Bulan Terakhir
  • Minimal 21 tahun
  • Isi Formulir

Setelah itu, Anda datang ke bank, dan mengisi formulir yang diberikan. Bila Anda merasa bingung cara mengisinya, Anda bisa meminta bantuan pihak bank yang bekerja di sana. Jangan malu untuk bertanya, karena mereka akan membantu Anda dengan senang hati.

  • Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Selanjutnya, Anda harus hati-hati dalam memilih credit card yang tepat untuk Anda. Usahakan membuat credit card yang meraup banyak keuntungan dengan akses yang luas. Keuntungan yang dimaksud disini yaitu seperti reward akhir tahun, promo atau diskon yang besar, dan mendapatkan bunga yang tidak terlalu besar.

  • Sesuai Dengan Tempat Asal Anda

Untuk mempermudah pihak bank dalam mengurus pembuatan kartu kredit Anda, usahakan Anda membuatnya di bank cabang tempat tinggal Anda. Apabila Anda membuatnya di kota seberang, pihak bank akan berpikir ulang dalam memprosesnya. Hal itu dikarenakan mereka takut Anda tidak akan bertanggung jawab dan susah untuk dicari.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda tahu apabila berencana membuat credit card. Pada dasarnya pembuatan kartu ini tidak sulit, hanya saja sebaiknya disesuaikan kebutuhan dan pastinya sesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Dengan demikian penggunaan credit card bisa dimaksimalkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *