Jenis-Jenis Gelaja Impetigo Pada anak

impetigo

Gangguan pada kulit memang sering kali menyerang anak-anak, biasanya pada musim tertentu atau memang daya tahan tubuh anak yang sedang tidak baik-baik saja. Salah satu jenis penyakit yang biasanya terjadi pada anak yaitu impetigo, ini merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi kulit dan biasanya terjadi pada anak-anak yang memiliki usia 2-5 tahun, akan tetapi juga bisa terjadi pada bayi sampai dengan orang dewasa. 

Impetigo merupakan penyakit yang bisa menyerang kulit yang sehat, dan penularan penyakirt ini dapat terjadi melalui kontak langsung atau melalui pemakaian barang secara bergantian dengan si penderita. Mengenai masalah gejalanya yang muncul biasanya tidak langsung, bahkan terjadi ketika penderita sudah terinfeksi. Umumnya gejala tersebut akan muncul pada 4 sd 10 hari sesudah penderita pertama kali terpapar oleh bakteri.

Perlu diketahui bahwasannya keluhan jika terjangkit penyakit yang sering menyerang anak ini cukup berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dari jenis yang dialami. Untuk mengetahui lebih dalam berikut jenis gejala impetigo.

Gejala krustosa

Ini merupakan salah satu jenis impetigo yang sering kali dialami anak-anak, jenis ini  sebagai salah satu yang sangat mudah menular pada orang lain. Biasanya gejala impetigo krustosa tersebut seperti munculnya bercak kemerahan yang disertai dengan rasa gatal di mulut serta hidung akan tetapi tidak nyeri. Biasanya luka pada bercak di kulit yang sering digaruk menyebabkan iritasi yang ada disekitar luka. 

Gejala bulosa

Ini tentunya berbeda dengan varian sebelumnya yaitu krustosa, ini merupakan varian pemyakit yang lebih serius dibandingkan yang sebelumnya. Gejala bulosa biasanya berupa demam yang terkadang muncul benjolan berada di bagian leher yang diakibatkan oleh adanya pembengkakan kelenjar getah bening, dan ini biasanya berisi cairan bening di kulit diiringi rasa nyeri serta gatal pada area yang melepuh.

Kalau lepuhan cairan tersebut pecah, maka kemudian akan menyebar serta jadi koreng kekuningan, ini biasanya akan hilang dalam beberapa hari. 

Nah itulah beberapa gejala impetigo yang biasanya muncul pada anak, penting untuk orang tua ketahui, supaya bisa menentukan cara penyembuhannya. Jangan lupa untuk anak tetap nyaman meskipun dalam gangguan penyakit tersebut gunakan pampers dari MAKUKU.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *