Wanita Harus Tahu, 5 Tanda Awal Kehamilan Minggu Ke-1

Mengherankan! Apakah benar hamil satu minggu pertama sebenarnya bukan hamil yang sebenarnya? Benarkah itu? Kebanyakan dokter kandungan menghitung kehamilan mulai dari hari pertama haid terakhir Anda. Itu karena ovulasi dan dan konsepsi sangat sulit ditentukan, tetapi tanda-tanda fisik dari menstruasi mudah untuk dikenali.

Jadi dalam istilah dokter, hamil pada satu minggu pertama berarti Anda sedang haid dan belum hamil. Anda tidak akan benar-benar hamil sampai minggu kedua atau ketiga, tergantung pada lamanya siklus menstruasi Anda. Karena itu Anda harus belajar mengenali tanda awal kehamilan di minggu ke-1 agar agar bisa lebih waspada. 

Mari kita kenali gejala hamil pada satu minggu pertama:

tanda awal kehamilan
Tanda awal kehamilan
  • Vaginal Bleeding: tubuh Anda melepaskan lapisan rahim, yang menumpuk jika terjadi kehamilan.
  • Nyeri Punggung Bawah dan Kram: untuk melepaskan lapisan itu, rahim Anda berkontraksi yang menyebabkan punggung dan perut Anda sakit.
  • Kembung: hormon yang berfluktuasi dapat membuat perut Anda kembung tepat sebelum dan selama menstruasi. 
  • Perubahan Suasana Hati: lonjakan hormon tersebut juga dapat menyebabkan anda mood swing, mudah marah dan merusak emosi Anda.
  • Sakit Kepala: banyak wanita yang mengeluhkan migrain menstruasi, yang juga berhubungan dengan hormon. Menggunakan ice packs, pereda nyeri dan latihan relaksasi dapat membantu meringankan sakit. 

Di dalam perut Anda selama minggu pertama kehamilan (ingat, Anda belum benar-benar hamil pada minggu ini), tubuh Anda melepaskan lapisan rahim yang akan menampung sel telur yang telah dibuahi bulan depan. Faktanya, telur manusia adalah sel terbesar dalam tubuh manusia.

Tubuh Anda akan melepaskan satu (atau dua,meskipun jarang terjadi) telur di suatu tempat antara hari ke 10 dan hari ke 19 dari siklus menstruasi anda, atau sekitar 14 hari sebelum perkiraan menstruasi berikutnya. Telur itu bisa dibuahi sekitar 12 hingga 24 jam setelah itu. Bercinta sebelum siklus itu sangat membantu agar cepat hamil, karena sperma dapat hidup di tubuh Anda hingga enam hari. 

Tanda-tanda awal kehamilan tidak akan langsung muncul, karena faktanya banyak wanita melewatkan menstruasi pada minggu ke-4 sebelum mereka mulai merasa “berbeda”. Namun beberapa tanda-tanda yang biasanya muncul minggu-minggu pertama setelah pembuahan seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda juga akan merasakan nyeri pada payudara, mual, kelelahan dan sering ingin buang air kecil. 

Pada kehamilan minggu pertama, Anda disarankan untuk memulai pola makan sehat, mengurangi kafein, dan hal-hal yang jadi pantangan wanita hamil lainnya. 

Jangan lupa untuk melakukan USG pada minggu pertama kehamilan. Sebenarnya tidak mungkin untuk USG di kehamilan minggu pertama jika Anda tidak melakukan program kehamilan dengan spesialis kandungan. Anda mungkin akan menjalani USG untuk memeriksa fibroid, untuk melihat berapa banyak folikel yang tumbuh menjadi telur di ovarium, atau mengukur tebal lapisan rahim Anda. jika terdapat masalah dokter mungkin memberikan resep untuk kesuburan yang dapat membantu Anda untuk segera hamil. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *