Manfaat Ilmu Dari Jurusan Desain Komunikasi Visual

Di zaman yang serba digital ini membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan cepat, namun pemasaran tersebut belum tentu efektif. Seiring dengan mudahnya orang-orang mendapatkan informasi, maka proses untuk menggaet konsumen pun menjadi lebih rumit. Akan tetapi, berdasarkan penelitian dan survey, ternyata konsumen lebih menyukai sebuah pemasaran dalam bentuk Desain grafis antraktif dan interaktif yang sering diajarkan dalam kuliah jurusan desain komunikasi visual

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Lewat desain komunikasi visual tersebut, konsumen menganggap penyampaian produk akan lebih menarik dan lebih mudah dipahami dibanding hanya sekedar teks tanpa ada perhatian lebih. Lantas, bagi seorang desainer grafis, setidaknya harus mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan brand untuk kebutuhan desain pemasaran mereka. Dan berikut International Design School (IDS) akan membagikan informasinya,  diantaranya adalah: 

jurusan desain komunikasi visual
jurusan desain komunikasi visual

source: https://idseducation.com/wp-content/uploads/2017/08/pexels-photo-196655.jpeg

  1. Lewat Desain grafis penyampaian cerita produk lebih sederhana dan menyenangkan 

Seperti yang kita ketahui bahwa prinsip storytelling telah menjadi cara yang ampuh untuk menyampaikan informasi produk. Namun seringkali storytelling terhambat dengan durasi waktu. Dengan begitu, storytelling yang diubah menjadi proses  desain grafis berkualitas, yang dinilai menjadi perpaduan yang sangat ampuh untuk kegiatan marketing. 

Seorang desainer yang baik harus mampu menciptakan sebuah tampilan visual  yang dapat mewakili cerita, visi dan misi, tujuan, serta nilai-nilai dari produk yang akan dipasarkan tersebut. Sebagai contoh, kita bisa melihat di internet bagaimana berbagai brand atau produk berlomba menciptakan berbagai desain grafis pemasaran untuk mempermudah konsumen memahami apa yang mereka tawarkan. 

  1. Desain grafis untuk mengajak konsumen ikut terlibat 

Tak hanya sebagai media penyampai komunikasi, desain grafis juga sangat memiliki pengaruh bagi konsumen atau audiens. Dengan cara menyematkan beberapa teknik “Call-to-actions” (CTA) maka audiens bisa dengan mudah mengetahui lebih lanjut dengan produk yang ditawarkan tersebut. 

Dengan kata lain, call to actions ini akan membuat audiens atau konsumen tak lagi penasaran, dan mengarahkannya ke tempat informasi yang lebih banyak lagi seperti sosial media, ataupun website dari produk tersebut. Dan yang terpenting, dengan adanya CTA pada desain grafis ini membuat kesempatan audiens dalam berbelanja menjadi lebih besar. Dengan begini, para desainer atau para lulusan jurusan desain komunikasi visual harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara membuat teknik call to actions yang tepat pada sebuah desain grafis.  

  1. Desain grafis dapat menghemat biaya promosi

Tak hanya sebagai penyampai pesan yang baik, namun desain grafis juga dianggap lebih murah biaya produksinya bila dibandingkan dengan video promosi yang melibatkan banyak pemeran, peralatan dan semacamnya. Bagi sebuah brand, tentu ini akan sangat menguntungkan. Namun bagi seorang desainer, ini merupakan sebuah tantangan. Bagi seorang desainer handal, menciptakan sebuah tampilan komunikasi visual yang baik adalah tujuan mereka. Namun, mereka juga dituntut agar dapat menciptakan desain  yang sederhana dengan biaya yang rendah tapi memiliki kualitas terbaik. Disinilah, skill dari seorang desainer akan benar-benar digunakan. 

  1. Desain grafis membuat proses promosi brand menjadi tidak terbatas 

Bagi seorang desainer, peluang untuk menciptakan sebuah desain bisa dibilang tidak terbatas. Tidak ada batasan khusus bagi mereka untuk menuangkan kreatifitas. Termasuk dalam mengubah atau menentukan sebuah tampilan yang diinginkan. Dengan kata lain, dibandingkan dengan video manusia asli, desain komunikasi visual justru mengenyampingkan logika yang ada sehingga dapat membuat efek penyampaian pesansemakin dramatis. Jadi, bagi Anda para desainer grafis, teruslah melakukan kreatifitas untuk menciptakan hasil yang sempurna. 

Lantas, bagaimana dengan Anda? apakah berminat untuk menjadi seorang desainer grafis? Jika ya, maka segera bergabung bersama International Design School (IDS) dan raih impian Anda menjadi seorang desainer grafis yang handal dan dapatkan berbagai ilmu di jurusan desain komunikasi visual. Segera kunjungi www.idseducation.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *