5 Tanda-tanda Tubuh Tidak Subur

Melakukan tes kesuburan biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin melakukan perencanaan kehamilan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan ovutest Femometer yang bisa menjabarkan lebih terperinci jika dibandingkan dengan alat tes kesuburan yang sejenis. Alat yang terbuat dari ABS ini, bekerja lebih akurat 105,5 persen dalam memperhitungkan tingkat kesuburan seorang wanita.

Momongan memang menjadi impian bagi setiap pasangan yang telah menikah. Karena itu, kesuburan tubuh yang baik, sangat penting untuk hadirnya janin dalam kandungan. Namun ternyata, tidak semua tubuh wanita mempunyai tingkat kesuburan yang bagus. Adapun tanda-tanda yang bisa dirasakan oleh mereka yang mengalami hal ini, adalah sebagai berikut:

cara menggunakan ovutest
cara menggunakan ovutest

1. Sakit pada saat menstruasi

Tidak selalu wanita yang pada saat menstruasi adalah wanita yang tidak subur. Namun jika hal tersebut selalu berlangsung setiap terjadi haid. Merasakan nyeri yang luar biasa hingga tidak mampu beraktivitas, ada baiknya untuk segera memeriksakannya. Untuk kasus terburuknya, hal itu bisa saja merupakan pertanda dari endometriosis. Yaitu, kondisi dimana dinding rahim berada di luar. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kesuburan sampai penyebab kemandulan.

2. Periode menstruasi tidak teratur

Jika Anda mengalami siklus menstruasi lebih dari 35 hari ataupun terjadi menstruasi lebih sering, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini menjadi pertanda awal ketidaksuburan pada tubuh. Melakukan pemeriksaan akan dapat mudah mengetahui penyebabnya dan cara menanganinya.

3. Tangan dan kaki selalu dingin

Jika Anda selalu merasakan tangan dan kaki selalu terasa dingin, ada kemungkinan terjadi permasalahan pada hormon tiroid Anda. Hal ini juga sangat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita dan siklus menstruasi. Segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Keluar cairan dari payudara

Keluarnya cairan dari payudara disaat Anda tidak sedang menyusui, bisa jadi merupakan pertanda dari hyperprolactinemia atau tubuh terlalu banyak memproduksi hormon prolaktin. Hal ini bisa menjadi sinyal bagi tubuh untuk memerintahkan ovarium untuk berhenti berproduksi.

4. Obesitas

Salah satu penyebab ketidaksuburan adalah obesitas. Menurut penelitian, mereka yang mengalami kegemukan menyebabkan tersimpannya hormon reproduksi pada lemak tubuh. Hal ini mengacaukan kinerja otak saat memerintahkan ovarium dalam berproduksi.

Mengetahui penyebab yang dapat menjadikan tubuh wanita tidak subur, dapat membuat Anda lebih memperhatikan kesehatan dan fertilitas tubuh. Lakukan penanganan yang cepat dengan berkonsultasi ke dokter, agar permasalahan tidak terus berlanjut. Selalu periksakan diri dengan cara menggunakan ovutest untuk mengukur tingkat kesuburan tubuh Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *