10 Tips Memilih Perhiasan Berlian Sebelum Membelinya

Membeli sebuah perhiasan memerlukan kehati-hatian agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Perhiasan berlian tidak semata-mata sebagai penunjang penampilan, namun juga merupakan koleksi yang bernilai. Terlebih harganya meningkat setiap tahun.

10 Tips Memilih Perhiasan Berlian

Agar tidak salah membeli sebuah berlian sebagai perhiasan, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini:

Perhiasan berlian
Perhiasan berlian

Cek Budget

Berapa budget yang Anda miliki? Ini merupakan pertanyaan wajib, sebab harga berlian cenderung mahal. Jadi sebaiknya menyiapkan berapa budget sebelum membelinya. Membeli perhiasan untuk melengkapi penampilan sangat boleh, tapi sebaiknya tidak mengganggu cash flow. Untuk itu, lebih baik menabung sebelum membeli berlian yang Anda inginkan.

Windows Shopping

Anda bisa melengkapi referensi dengan melihat-lihat berbagai pilihan. Bisa berkunjung ke gerainya langsung maupun melihat secara online. Sehingga Anda tahu budget yang harus dikeluarkan.

Memilih Tipe Perhiasan

Pilih jenis perhiasan yang akan Anda beli. Baik itu berupa anting, kalung maupun gelang. Sangat disayangkan jika memilih gelang berlian yang mahal, padahal tidak menyukainya. Anda juga bisa memilih perhiasan untuk sehari-hari atau memakainya saat-saat tertentu saja. Sehingga Anda bisa menentukan dengan baik sebelum membelinya. 

Model dan Bahan Timeless

Seperti yang Anda tahu bahwa model dari perhiasan selalu memiliki perubahan. Ada bahan yang klasik dan timeless yang bisa Anda pakai selama puluhan tahun ke depan. Bahan dari perhiasan juga bisa Anda pilih. Apakah ingin berlian murni atau mencampur material lain di perhiasan tersebut. 

Mengenali Kualitasnya

Perhiasan dari material yang sama, juga memiliki kualitas yang berbeda. Untuk memilih perhiasan berlian terbaru, Anda harus memahami standar kualitasnya. Menilai besaran ukuran, tingkat kejernihan, potongan berlian, serta warna yang bisa menunjukkan kualitasnya.

Perhiasan Bukan Investasi

Membeli sebuah perhiasan terlebih yang bahannya dari berlian tidak sama dengan berinvestasi. Sebab ada nilai-nilai tertentu yang harus Anda perhatikan jika menjadikan sebuah berlian sebagai investasi.

Cek Kredibilitas Toko

Saat ini semua penjualan menyertakan cara online. Namun, untuk membeli perhiasan yang berharga mahal tentunya lebih baik memilih cara offline

Anda bisa datang langsung ke gerainya untuk mengecek kualitas dan kredibilitas. Membeli sebuah berlian ada baiknya memperhatikan sertifikat. Hal ini untuk menjamin kualitas sebuah berlian. 

Alami atau Sintetis 

Langkah selanjutnya yang harus Anda pahami dalam memilih sebuah berlian adalah dari bahannya. Apakah alami atau sintetis? Berlian berasal dari kerak bumi yang terpapar temperatur. Tidak hanya itu, berlian yang alami juga akan menerima tekanan yang tinggi selama jutaan tahun. Jika berlian buatan laboratorium atau biasa disebut sintetis harganya berada di bawah bahan tambang lainnya.

Sumber Berlian

Batu berlian juga harus tahu asalnya dari mana. Biasa dalam sertifikat akan tertera. Apakah berasal dari daerah konflik yang memiliki nama Conflict Diamond atau Blood Diamond. Seperti banyak yang terdapat di negara-negara Afrika. Ada beberapa berlian berasal dari daerah konflik, dimana hasil penjualan berguna untuk membiayai konflik sipil.  

Jaringan Peritel

Sebuah jaringan penjualan maupun purna jual juga harus Anda perhatikan. Semakin banyak outlet akan semakin besar benefit-nya. Serta Anda juga harus memilih outlet yang memberikan pelayanan yang menyediakan perawatan dan reparasi.

Pilih juga outlet yang bisa memberikan Anda sistem layanan buyback atau tukar tambah. 

Memilih perhiasan berlian di Mondial baik untuk koleksi pribadi serta melengkapi penampilan, harus memperhatikan beberapa hal. Tergolong perhiasan yang mewah, berlian akan memberi kesan yang mampu meningkatkan kepercayaan diri. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *