Sudahkah Anda Mengetahui Bagaimana Kursus Film Itu?

Pengertian kursus secara umum merupakan sesuatu pembelajaran terhadap suatu pengetahuan atau keterampilan dalam relatif waktu yang singkat. Kursus merupakan salah satu pendidikan yang terbuka untuk siswa yang mempunyai ijazah minimal sekolah menegah. Umumnya kursus diberikan di luar sekolah untuk mengembangkan keterampilan diri dan kemampuan. Di Indonesia kursus sangat beragam macamnya, contohnya seperti kursus bahasa, Kursus Film, kursus computer, dan lain-lainnya. 

Tujuan seseorang mengikuti sebuah kursus ialah untuk bekal pengetahuan, kecakapan hidup, pengembangan diri, keterampilan, untuk modal kerja, atau untuk melanjutkan ke pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Alasan mengikuti kursus umumnya ialah keterbatasan waktu untuk belajar, biaya yang dikeluarkan untuk belajar, ingin lebih terfokuskan dengan apa yang akan dipelajari, dan tidak ada kesempatan untuk mengikuti pendidikan yang formal.

Tahukah Anda Jenis-Jenis Kursus

Kursus umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yakni kursus resmi, kursus tidak resmi, dan kursus khusus. Kursus resmi merupakan kursus yang diselenggarakan langsung oleh sebuah lembaga yang sudah memenuhi persyaratan dalam mendirikan kursus tertentu sebagai pelaksana kegiatan dalam belajar mengajar. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah perizinan dari dinas pendidikan kabupaten atau kota supaya memberikan legalitas atau pengakuan dan persetujuan resmi atas penyelenggaraan kursus yang meliputi materi kursus, sarana dan prasarana, pengeluaran biaya, proses kursus, serta sertifikasi manajemen. 

kursus film
kursus film

Kursus tidak resmi merupakan kursus yang diselenggarakan secara pribadi atau privat dari seseorang terhadap orang atau kelompok, dengan adanya kesepakatan tertentu seperti biaya, waktu dan tempat sesuai perjanjian. Selanjutnya kursus khusus merupakan kursus yang diadakan oleh lembaga tertentu seperti sebuah perusahaan, pemerintahan, atau organisasi yang mempunyai sifat tertutup untuk umum atau hanya berlaku untuk kalangan atau anggotanya sendiri. Seringkali untuk pegawai, atau karyawan yang sedang mengembangkan karir dan jabatannya.

Kursus Film merupakan kursus yang khusus bergerak di bidang perfilman. Dalam perkembangannya  di Indonesia kursus ini sudah lama sekali sejak kemunculannya pertama kali. Umumnya kursus ini cenderung fokus pada keterampilan teknis dan keterampilan artistik yang diperlukan untuk menghasilkan film baik dalam bentuk pendek ataupun panjang. Selain itu, ada juga kelas yang membicarakan sejarah film dan dampak kemunculannya pada masyarakat. Ada pula kursus khusus yang hanya fokus pada satu aspek pembuatan film, contohnya seperti kursus khusus pembuatan naskah dan acting. 

Kursus ini banyak tersedia di Indonesia dan dunia dengan berbagai format. Sehingga setidaknya siswa harus melakukan riset menyeluruh terlebih dahulu sebelum memilih lembaga mana yang akan dimasuki. Pada industri film umumnya mempunyai banyak sekali jalur karir yang berbeda. Seseorang yang tertarik berada di depan kamera daripada dibelakang dapat menggunakan kursus ini untuk memajukan karir actingnya, sementara bila cenderung menyukai dunia kepenulisan ia dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menjadi seorang penulis scenario. Beberapa lembaga yang melayani Kursus Film contohnya seperti Citra Film School, Keystone Academic Courses, dll.

Kursus merupakan salah satu pendidikan yang terbuka untuk siswa yang mempunyai ijazah minimal sekolah menengah. Contoh kursus seperti kursus computer, Kursus Film, kursus bahasa, dll. Kursus Film merupakan kursus yang khusus bergerak di bidang perfilman. Kursus ini mempunyai jalur fokusnya yang bervariasi. Namun umumnya kursus tersebut adalah kursus yang cenderung fokus pada keterampilan teknis dan keterampilan artistic yang diperlukan untuk menghasilkan film baik dalam bentuk pendek ataupun panjang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *