Hal yang Harus Diperhatikan Pada Tahap Perkembangan Bayi

Memperhatikan perkembangan anak merupakan salah satu hal yang penting. Bagi orangtua, memperhatikan anak-anaknya tumbuh dan berkembang adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Namun, tidak semua orang tahu tahap perkembangan bayi. Namun jangan khawatir, karena di sini akan kami coba jelaskan tahap perkembangan si kecil kepada Anda.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait tahap tumbuh kembang anak.  Nah, di sini kami telah merangkum semuanya untuk Anda:

tahap perkembangan bayi
Tahap perkembangan bayi
  1. Proses Perkembangan Otak si Kecil

Tumbuh kembang tidak hanya terjadi pada fisik si kecil. Tumbuh kembang juga terjadi pada otak dan kecerdasannya. Selain melihatnya secara fisik, perhatikan juga perkembangan kecerdasan si kecil.

Dalam masa tumbuh kembangnya, terjadi sebuah pembentukan sel saraf dan lapisan sel saraf. Perkembangan ini terjadi untuk membentuk kecepatan penyampaian informasi yang terjadi pada masa kandungan.

  1.       Perkembangan Anak 1 Tahun

Saat si kecil berusia 1 tahun, terjadi proses perkembangan neurogenesis synaptogenesis yang terjadi pada anak hingga mereka berusia 1 tahun. Pada tahap tumbuh kembang ini, otak si kecil akan bekerja dengan keras. Tujuannya agar koneksi antar sel-sel di dalam sarafnya menjadi lebih optimal.

  1. Proses Synaptic Pruning

Proses ini sangat penting sekali pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Proses synaptic pruning berfungsi untuk menentukan efisiensi otak si kecil dalam memproses sebuah informasi.

Proses ini bahkan termasuk yang paling panjang bagi setiap orang. Pasalnya, proses ini terjadi hingga si kecil berusia 20 tahun. Pada proses ini, orangtua harus memperhatikan berbagai stimulasi untuk mengoptimalkannya.

  1. Periode Sensitif

Di lain sisi, dalam masa tumbuh kembang anak, ada yang disebut dengan periode sensitif. Periode ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan kemampuan. Misalnya seperti gangguan bahasa si kecil. Maka dari itu, mam harus memperhatikannya sudah sejauh mana pertumbuhan si kecil.

Usahakan untuk membantunya mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangannya semakin optimal.

Nah, di atas adalah beberapa tahap perkembangan bayi yang jarang diketahui. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Anda bisa mengoptimalkannya dengan memberi susu Wyeth setiap hari. Pasalnya, produk susu Wyeth sangat bagus dan direkomendasikan untuk anak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *