7 Cara Mengembangkan Kreativitas Anak

Anak yang cerdas dan juga kreatif adalah dambaan setiap orangtua. Namun, tidak semua anak bisa menunjukkan potensinya dengan cara yang cepat. Di sinilah tugas orangtua sangat berpengaruh. Orangtua harus mampu dan mendukung anaknya agar mampu mengembangkan kreativitas mereka. Nah, berikut ada 7 cara yang bisa Anda lakukan.

mengembangkan kreativitas
mengembangkan kreativitas
  1. Mendukung Hobi si Kecil

Dukunglah hobi dan apapun yang si kecil lakukan di rumah. Misalnya, jika si kecil suka menggambar, biarkan mereka melakukan aktivitas tersebut. Jangan lupa juga dukung bakat mereka ini karena bisa menjadi potensi dan bakatnya di masa depan.

  1. Tugas Orangtua Sebagai Fasilitator

Selain mendukung, orangtua juga berperan sebagai fasilitator. Misalnya, jika si kecil sudah menunjukkan bakatnya dalam menggambar, fasilitasilah mereka. Misalnya dengan memberi mereka buku gambar, crayon, dan peralatan untuk menggambar lainnya. Tujuannya agar mereka semakin semangat dan kreatif.

  1. Ajak Mereka Bermain di Luar Rumah

Biarkan si kecil mengeksplorasi apapun. Namun tetap dengan pantauan bunda, ya. Misalnya dengan mengajaknya bermain di luar ruangan. Misalnya seperti berolahraga. Biarkan mereka melakukan aktivitas olahraga kesukaannya, misalnya seperti bermain bola.

  1. Jangan Melarang si Kecil

Selama positif, jangan pernah bunda melarang si kecil. Biarkan mereka melakukan apapun selama hal tersebut tidak berbahaya. Terutama jika yang dilakukannya berkaitan dengan potensinya di masa depan.

  1. Memberi Mainan yang Tepat

Dewasa ini, ada banya sekali jenis mainan anak yang ada di pasaran. Namun, jangan sampai bunda salah memilih, ya. Pilihlah jenis mainan yang bagus dan positif. Misalnya seperti mainan balok, hingga jenis mainan lego.

  1. Ajak si Kecil Bermain Peran

Bermain peran adalah salah satu cara yang bagus untuk merangsang imajinasi dan kreativitasnya. Misalnya, bermainlah menjadi karakter di film anak-anak. Ajaklah si kecil agar bermain menjadi tokoh kartun kesukaannya.

  1. Jangan Memaksa

Tidak semua anak menunjukkan potensinya secara cepat. Sebagian di antaranya menunjukkan potensinya dalam waktu yang lama. Bunda tidak perlu memaksa jika si kecil belum menunjukkannya. Biarkan mereka menunjukkan bakatnya secara perlahan.

Nah, itulah informasi yang bagus untuk mengembangkan kreativitas anak. Optimalkan juga tumbuh kembang si kecil dengan memberinya susu Dancow setiap hari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *