Keuntungan dan Kerugian Memiliki Kartu Debit GPN

Keuntungan memiliki Kartu gerbang pembayaran nasional antara lain selain kemudahan akses nya juga ringan nya biaya administrasi. 

Gerbang pembayaran nasional atau disingkat saat ini ramai digadang – gadang oleh Pemerintah. Pemerintah meluncurkannya dalam bentuk kartu debit dengan logo GPN. Untuk itu, Pentingnya memahami keuntungan serta kerugian memiliki kartu berlogo GPN tersebut. Keuntungannya antara lain :

Gerbang Pembayaran Nasional
Gerbang Pembayaran Nasional
  • Bagi Nasabah 

Nasabah sebagai potensial konsumen memiliki keuntungan dengan adanya kartu GPN tersebut, diantaranya : 

  1. Kemudahan akses dalam satu metode pembayaran yang diciptakan pada satu kanal pembayaran. . 
  2. Ringannya biaya administrasi antar bank. 
  3. Dapat melakukan tarik tunai di mana pun. 
  4. Penukaran kartu lama pada kartu baru berlogo GPN, tidak dibebankan biaya administrasi 
  • Bagi bank 

Selain untuk nasabah, keuntungan menerbitkan kartu berlogo GPN tersebut, memiliki keuntungan tersendiri diantaranya tidak adanya biaya administrasi untuk proses switching antar bank. 

  • Bagi merchant 

Karena kartu berlogo GPN tersebut dapat dilakukan untuk pembayaran melalui satu kanal, maka keuntungan yang didapat yaitu tidak perlu mengadakan mesin EDC dari berbagai produk bank yang tentunya dapat meningkatkan pengeluaran dengan membayar biaya administrasi. Merchant hanya perlu satu mesin EDC untuk semua transaksi. 

Selain beberapa keuntungan di atas, terdapat pula kerugian. Yaitu :

  • Bagi nasabah, tidak bisa dilakukan transaksi di luar negeri. 
  • Bagi bank, masih mendapat beban biaya administrasi untuk switching di luar negeri. 

Itulah keuntungan dan Kerugian memiliki kartu berlogo GPN tersebut. Walau demikian, dibandingkan dengan kerugiannya, tentunya lebih banyak keuntungan yang didapatkan. 

Sebagai saran, bagi mereka yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Diharuskan memiliki 2 kartu.,salah satunya kartu yang dapat digunakan di luar negeri. Tentunya hal tersebut lebih hemat dikarenakan memakai dua kartu yang berbeda untuk dalam dan luar negeri. 

Adanya sistem gerbang pembayaran nasional tersebut (GPN)  merupakan sebuah sistem untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat melalui sistem perekonomian. Membangun sistem perekonomian dimulai dari memperbaiki sistem perbankan. Karena perbankan merupakan pelaku yang paling berpengaruh terhadap perekonomian. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *