Kelebihan Bayar Tagihan BPJS Secara Online

Di era digital seperti sekarang ini, segala hal bisa dilakukan dengan mudah melalui internet atau secara online. Tidak hanya belanja online yang saat ini sedang marak, pembayaran tagihan BPJS juga bisa dilakukan secara online dengan mudah. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sendiri merupakan program yang dihadirkan pemerintah untuk masyarakat. Anda yang mengikuti program ini bisa mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan kelas yang dipilih jika membayar tagihan tepat waktu.

Sebagai salah satu bank kredibel di Indonesia, Bank Sinarmas menghadirkan layanan online yang bisa digunakan untuk membayar BPJS. Layanan online tersebut bisa melalui internet banking atau mobile banking (SimobiPlus). Dibandingkan datang langsung ke kantor BPJS, ada banyak kelebihan apabila Anda memanfaatkan layanan online ini. Langsung saja berikut kelebihannya:

Hemat Waktu

tagihan BPJS
tagihan BPJS

Bagi orang yang memiliki kesibukan tinggi dan kesulitan meluangkan waktu untuk membayar tagihan, layanan ini akan sangat berguna. Pasalnya Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dari mana saja. Bahkan Anda bisa melakukan pembayaran di luar jam kerja misalnya waktu malam hari. Meskipun secara online namun pembayaran bisa berlangsung dengan cepat karena proses berjalan secara real-time.

Hemat Tenaga

Selain waktu, Anda juga perlu mengeluarkan tenaga jika membayar tagihan BPJS secara offline. Jika datang langsung ke kantor BPJS, Anda harus rela antri dan menghabiskan tenaga untuk antri. Sebaliknya, layanan online bisa menghemat tenaga karena Anda tidak perlu ke kantor BPJS dan mengantri. Jadi tenaga Anda untuk membayar tagihan bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak kalah penting.

Hemat Biaya

Tidak hanya hemat waktu dan tenaga saja, pembayaran secara online juga bisa menghemat biaya. Anda membutuhkan biaya transportasi untuk datang langsung ke kantor BPJS. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk parkir karena biasanya harus membayar parkir. Apabila membayar secara online, Anda bisa menghemat biaya transportasi maupun parkir. Karena internet merupakan fasilitas wajib yang harus dimiliki generasi saat ini, Anda pasti sudah memilikinya tanpa membeli terlebih dahulu.

Data Tersimpan dengan Aman

Bukti transaksi pembayaran secara online akan tersimpan dengan rapi dan aman dalam sistem. Jadi Anda bisa dengan mudah menemukannya ketika membutuhkan suatu saat nanti. Selain itu, Anda tidak perlu mencatat atau menghafalkan ID Pelanggan karena sudah tersimpan secara otomatis setelah melakukan transaksi pertama kali.

Meminimalisir Risiko Keterlambatan

Kesibukan yang tinggi terkadang membuat seseorang lupa untuk membayar tagihan. Akibatnya Anda akan terkena denda atau risiko lainnya. Pembayaran secara online bisa meminimalisir risiko keterlambatan. Anda bisa memasang pengingat kemudian langsung membayar tagihan saat itu juga setelah pengingat berbunyi.

Cara Bayar Tagihan Secara Online Melalui Bank Sinarmas

Tagihan BPJS bisa Anda bayar secara online melalui internet banking ataupun SimobiPlus. Cara untuk membayarnya sama saja karena kedua layanan tersebut hanya berbeda pada platform saja dimana SimobiPlus adalah aplikasi berbasis mobile yang hanya bisa diinstal melalui smartphone.

Untuk melakukan pembayaran, Anda perlu masuk ke layanan internet banking atau SimobiPlus. Selanjutnya pilih menu Pembayaran/Pembelian lalu pilihlah kategori Layanan Umum. Pada Layanan Umum masukkan IDPEL berupa 88888 (kode pembayaran) + 11 digit nomor kepesertaan. Jangan lupa untuk mengisi field Jumlah Bulan dengan pilihan jumlah bulan yang akan dibayar.

Itulah cara mudah yang bisa Anda ikuti untuk membayar BPJS secara online. Setiap transaksi yang Anda lakukan akan dikenakan biaya administrasi sebanyak Rp2.500. Jauh lebih terjangkau dibandingkan Anda harus mengunjungi kantor cabang atau kantor BPJS. Lebih lengkapnya mengenai layanan ini bisa Anda lihat di website banksinarmas.com.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *