Perkembangan Emosi Pada Anak Usia 3 Tahun

Perhatian pada tumbuh kembang anak 3 tahun tidak terbatas pada pertumbuhan fisiknya saja, akan tetapi pertumbuhan dari segi emosionalnya juga wajib diperhatikan. Lalu bagaimana perkembangan emosional anak 3 tahun yang baik? Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

Kemampuan anak untuk mengelola emosi pada usia 3 tahun

Anak di usia 3 tahun sudah mengetahui apa yang mereka inginkan. Hal ini sudah terjadi dari usia 1 tahun dan makin sempurna di usia 3 tahun mereka. Sayangnya pada kondisi ini anak belum mengetahui bagaimana cara mereka bisa mengelola emosi mereka.

Pada usia 3 tahun inilah anak mulai belajar untuk mengendalikan dan menghadapi stressful moment di dalam hidup mereka. Hal inilah yang membuat anak-anak pada stage ini mengalami temper tantrum.

Beberapa contoh masalah emosi pada anak ini contohnya adalah rasa stres ketika mereka ingin mencoba sesuatu dengan kemampuan mereka sendiri, rasa ingin bebas dan bahkan rasa sedih yang harus mereka hadapi saat berpisah dengan orang tua tahu orang yang merawat mereka.

tumbuh kembang anak 3 tahun
tumbuh kembang anak 3 tahun

Hal untuk dipelajari orang tua

Pada usia ini, emosi anak sudah akan terlihat dari kata-kata yang mereka ungkapkan dan bahkan ekspresi wajah mereka. Orang tua harus mulai membantu anak-anak untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka sehingga lebih mudah bagi Anda, para orang tua, untuk memahami apa yang diinginkan anak.

Jika tumbuh kembang anak 3 tahun secara emosional ini tidak diperhatikan atau anak tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi masalah emosinya, emosi anak bisa tersalurkan dengan hal-hal negatif. Seperti kemarahan, membanting barang dan hal-hal lainnya.

Selain perhatian orang tua, kemampuan anak untuk mengelola emosi juga sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang didapatkannya. Anak yang cerdas baik secara emosi maupun secara akademis tidak hanya berasal dari genetik atau dari didikan orang tua tetapi juga dari maksimal tidaknya perkembangan otaknya.

Untuk mendukung tumbuh kembang anak 3 tahun agar lebih maksimal baik secara fisik maupun emosi, pastikan Anda memberikan nutrisi lengkap dan seimbang untuk perkembangan otak dan fisiknya. Salah satunya adalah dengan memberikan Dancow GUM atau Grow Up Milk untuk memastikan otak dan fisik anak berkembang secara maksimal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *