Cara Memilih Social Media Marketing Agency

Marketing atau pemasaran merupakan faktor penting yang bisa membantu bisnis Anda berkembang. Pada zaman dahulu, pemasaran dilakukan secara manual atau tradisional misalnya dengan memasang iklan di media cetak, televisi, papan reklame, poster, pamflet, dan lain sebagainya. Namun hal tersebut dianggap kurang efektif jika dilakukan di masa kini. Harus ada dukungan pemasaran secara digital agar target pemasaran bisa tercapai. Ada beberapa jenis pemasaran digital, salah satunya adalah social media marketing. Jika ingin melakukan pemasaran melalui sosial media, Anda bisa meminta bantuan social media marketing agency.

Agensi pemasaran media memiliki kemampuan untuk melakukan pemasaran melalui berbagai jenis media sosial. Ada beberapa keuntungan apabila Anda menggunakannya seperti memaksimalkan promosi, membantu berinteraksi dengan target pasar, membuat model bisnis yang tepat, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda perlu memilih agensi yang tepat. Berikut ini tips memilih agensi yang bisa Anda ikuti:

Amati dan Analisa Website Agensi

Semua agensi pemasaran media sosial pasti memiliki website sendiri. Website tersebut berguna untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon klien. Jika berminat pada sebuah agensi, sebaiknya lakukan analisis secara mendalam pada websitenya. Melalui website tersebut, Anda sudah bisa sedikit melihat kemampuan dari agensi. Perusahaan yang kredibel dan kompeten pasti memiliki website yang menarik, lengkap, dan up to date.

social media marketing agency
social media marketing agency

Pilih Agensi yang Memiliki Skill Sesuai

Kebutuhan Anda adalah melakukan pemasaran melalui media sosial. Oleh sebab itu, Anda wajib mencari perusahaan yang memiliki skill dan kompetensi dalam melakukan pemasaran media sosial. Pasalnya biasanya social media marketing agency tergabung dengan layanan lain seperti video production, performance, dan lain-lain. Jadi perhatikan dengan baik apakah mereka memang memiliki kompetensi.

Perhatikan Track Record dan Portofolio

Agar lebih mudah melihat skill dan kompetensi agensi, sebaiknya Anda mencari track record dan portofolio perusahaan. Cari campaign-campaign yang pernah dilakukan sebelumnya pada perusahaan lain. Apakah campaign-campaign tersebut berhasil mendapatkan goal yang diinginkan. Beberapa tujuan pemasaran media sosial yaitu engagement, reach, loyalitas pelanggan, dan konversi. Jika portofolio yang dihasilkan baik, maka Anda boleh mempertimbangkannya.

Ketahui Layanan yang Disediakan

Sebaiknya Anda mencari agensi dengan layanan yang lengkap sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. Tiga platform yang paling umum digunakan untuk promosi dan pemasaran yaitu Facebook, Twitter, serta Instagram. Namun tidak ada salahnya jika memaksimalkan promosi melalui platform lain seperti Youtube, LinkedIn, Pinterest, dan TikTok yang sedang viral.

Tanyakan Metode dan Teknologi yang Digunakan

Tanyakan kepada agensi metode atau teknologi apa yang akan digunakan untuk memasarkan produk melalui sosial media. Pertimbangkan dengan baik apakah metode yang dilakukan tersebut bisa efektif atau tidak. Pemasaran berbayar merupakan salah satu metode yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Pertimbangkan Harga

Hal terakhir yang sangat penting dilakukan adalah mempertimbangkan harga. Perlu Anda ketahui bahwa melakukan pemasaran membutuhkan dana yang besar. Jadi jangan hanya memilih agensi dengan harga paling murah. Pertimbangkan dengan baik apakah harga sesuai dengan kualitas yang akan diberikan nanti. Namun Anda tetap perlu menyesuaikan harga dengan budget.

Itulah cara memilih social media marketing agency yang bisa Anda ikuti. Tidak perlu bingung lagi, Anda bisa memilih IDEOWORKS.ID jika membutuhkan jasa pemasaran media sosial. Agensi ini terbukti berhasil membantu banyak perusahaan untuk melakukan pemasaran secara efektif dan efisien. Bukan hanya pemasaran media sosial saja, Anda juga bisa memanfaatkan layanan pemasaran lainnya. Selengkapnya mengenai IDEOWORKS.ID bisa Anda lihat di www.ideoworks.id.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *