Tips Sukses Membuka  Usaha Warung Kelontong

Sebelum anda membuka usaha warung kelontong, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu warung kelontong? Warung kelontong atau yang biasa disebut dengan warung penyedia berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari, yang merupakan usaha mikro yang dimiliki oleh pribadi, melayani pelanggan secara langsung dan pada umumnya pemilik warung merangkap tugas sebagai kasir, saat ini warung kelontong identik dengan tampilan yang lebih rapi, dinamis, dan tentunya nyaman untuk berbelanja, 

 

Saat ini toko kelontong identik dengan tampilan yang lebih rapi, dinamis, dan tentunya nyaman untuk berbelanja.  Untuk Anda yang memiliki modal sedikit membuka usaha warung kelontong merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Karena ternyata membuka warung kelontong bisa menjadi solusi untuk masalah ekonomi Anda, dengan modal yang kecil Anda dapat meraup keuntungan yang besar serta resiko yang didapatkan tergolong kecil pula.

 

Sebelum anda yakin dengan usaha yang akan dijalankan, harus anda ketahui apa saja hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha warung kelontong.

Berikut ini merupakan tips sukses membuka  usaha warung kelontong 

 

  • Memiliki Rencana Usaha Warung Kelontong

Sebelum anda menyiapkan bahan dan tempat berjualan, sebaiknya anda pikirkan dan buat perencanaan terlebih dahulu, agar anda dapat menjalankan usahanya dengan baik.

 

  • Melakukan Riset Pasar 

Setelah Anda menyiapkan rencana yang matang, langkah selanjutnya anda harus meriset pasar, karena Riset pasar merupakan hal mendasar yang harus Anda perhatikan Beberapa jenis riset pasar yang harus Anda lakukan meliputi:

  • Tingkat persaingan
  • Lokasi usaha

 

 

  • Menghitung Modal

Setelah semuanya selesai anda pikirkan juga modal, untuk membuka usaha, karena modal usaha juga harus diperhatikan dengan cermat agar usaha warung kelontong dapat dijalankan sesuai dengan rencana awal. Modal bisnis harus dibuat secara terperinci agar jelas dan sesuai dengan rencana dan konsep awal.

 

  • Menyediakan Tempat Barang

Dalam membuka usaha warung kelontong tempat penyimpanan sangat diperlukan karena berguna untuk mengantisipasi misalnya, jika harga bahan pokok akan naik beberapa bulan ke depan, Anda dapat menyetok persediaan barang dagangan Anda.

 

  • Memperhatikan Tata Letak Penyimpanan Barang

Jika semuanya telah dipersiapkan dengan matang, selanjutnya adalah memperhatikan tata letak barang yang ada di toko. Semua barang-barang yang ada di toko sebaiknya ditata dengan rapi dan menarik. Selain untuk menarik minat konsumen, menata produk jualan juga memudahkan pembeli untuk menjangkau barang-barang tersebut.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *