Tips Menyapih Anak Dengan Baik dan Benar

Tidak ada sanggahan tentang manfaat ASI untuk anak yang secara eksklusif diberikan sampai usia 6 bulan, hingga kemudian satu tahun dan seterusnya bila memungkinkan (Menyusui lebih dari 2 tahun). Namun yang sering kita temui, beberapa ibu bertanya bagaimana tips menyapih anak secara alami pada balita berusia 2 tahun atau bahkan lebih tua. 

  • Hindari Resiko Infeksi Payudara Dengan Menyapih
tips menyapih anak
Tips menyapih anak

Pada dasarnya banyak sekali manfaat menyapih buah hati. Untuk ibu sendiri, secara fisik penyapihan bertahap memungkinkan suplai susu berkurang sedikit demi sedikit secara alami sehingga menurunkan risiko infeksi hingga pembengkakan payudara. Selain itu, menyapih juga membuat anak menjadi lebih mandiri dalam melakukan banyak hal. Termasuk ketika hendak tidur, ia tidak akan kembali mencari puting susu ibu lagi untuk menyusui sebelum tidur. Berikut ini beberapa tips menyapih anak secara alami.

  • Cara Menyapih Anak Dengan Baik Dan Benar

Pertama, kesiapan diri ibu. ibu haruslah siap bila ingin memulai untuk menyapih anak. Bila tidak siap dan tidak rela, tentunya akan menggoyahkan pendirian ibu untuk memberikan ASI kembali ketika anak merengek. Lalu komunikasi sedini mungkin. Bila ibu ingin menyapih anak ketika memasuki usia 2 tahun, sebaiknya sejak usia 18 bulan ibu mulai memberitahunya kalau sebaiknya ia berhenti menyusui 

Kurangi frekuensi menyusu. Sebulan dua bulan sebelum usia 2 tahun, ibu sebaiknya mulai mengurangi frekuensi anak untuk menyusu. Bila biasanya anak menyusu dalam sehari sebanyak 3-5 kali, ibu bisa menguranginya sedikit demi sedikit di setiap harinya, hingga anak bisa tidak menyusu sama sekali. Bila anak sudah biasa makan utama tiga kali sehari dan dua kali makan cemilan, ibu bisa menambah frekuensi makan anak. 

Menyapih merupakan suatu hal yang harus dikerjakan seorang ibu apabila ingin terhindar resiko berat. Dengan menyapih pun anak menjadi lebih sehat dan tumbuh kembang secara optimal. Bagi bunda yang belum mengetahui bagaimana cara menyapih anak dengan baik dan benar, bunda bisa melihat tips menyapih anak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *