7 Pilihan Karir untuk Lulusan Baru Jurusan Sistem Informasi

Dibandingkan dengan Teknik Informatika atau Teknik Komputer yang sama-sama termasuk jurusan ilmu komputer, Sistem Informasi bisa dibilang sebagai jurusan baru. Jurusan ini akan mempelajari gabungan antara ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Jadi jangan heran, walaupun berada di fakultas ilmu komputer namun jurusan Sistem Informasi juga mempelajari bisnis.

Apabila ingin mengambil jurusan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan peluang kerjanya di masa depan. Pasalnya lulusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan berbagai perusahaan untuk bersaing di era teknologi ini. Beberapa pilihan karir bagi Anda yang baru lulus sebagai sarjana Sistem Informasi yaitu sebagai berikut:

Staff Research and Development

Divisi Research and Development menjadi salah satu divisi baru yang ada di banyak perusahaan atau lembaga pemerintahan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan sehingga membuat konsumen puas. Untuk mengembangkan produk dan layanan baru beberapa keahlian yang harus dimiliki yaitu ilmu komputer, bisnis, dan manajemen. Anda harus suka meneliti apabila ingin menjadi staff research and development.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Programmer

Semua fresh graduate jurusan ilmu komputer bisa menjadi seorang programmer. Tugas utama profesi ini adalah membuat sebuah program sesuai permintaan dan kebutuhan perusahaan. Menariknya, Anda tidak harus terikat kontrak apabila ingin menjadi programmer. Pasalnya banyak juga lulusan baru yang lebih memilih bekerja bebas atau secara freelance. Keahlian yang dibutuhkan tentu saja pemrograman.

Web Developer

Website dibutuhkan sebuah perusahaan untuk menjadi sumber informasi bagi para pelanggan. Selain itu, banyak juga toko online yang menjual barangnya secara online melalui website. Karena kebutuhannya yang tidak bisa dihilangkan maka web developer menjadi pilihan karir yang banyak tersedia. Anda harus mampu menciptakan dan mendesain website yang efisien untuk menjadi web developer.

Digital Marketing

Pemasaran menjadi salah satu kunci utama keberhasilan suatu perusahaan. Di era teknologi, pemasaran secara digital dianggap lebih efektif. Anda yang memiliki keahlian digital marketing tentu saja akan sangat diuntungkan. Mereka yang bekerja sebagai digital marketing memiliki tugas yaitu meningkatkan brand melalui blog, website, dan sosial media.

Database Administrator

Jurusan Sistem Informasi memang sangat identik dengan sistem basis data. Jadi tidak heran jika lulusannya bisa menjadi seorang database administrator. Profesi ini memang terbilang baru namun sudah banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Mereka memiliki tugas untuk mengelola data perusahaan yang besar agar mudah diakses oleh yang memiliki wewenang.

Pengusaha

Mungkin Anda berpikir bahwa sarjana sistem informasi hanya bisa bekerja di bawah perusahaan saja. Jangan salah, Anda juga bisa menjadi pengusaha dan memiliki usaha sendiri. Anda bisa mencoba membuka jasa membuat aplikasi atau website yang kemudian bisa dijual di perusahaan-perusahaan. Memang tidak mudah membuka bisnis di bidang IT, namun jika dan tekad dan kemauan maka tidak ada yang tidak mungkin.

Itulah 7 pilihan karir untuk Anda fresh graduate dari jurusan Sistem Informasi. Gaji awal yang bisa didapatkan fresh graduate biasanya berkisar di angka UMR kota tempat bekerja. Nanti gaji akan bertahap bertambah seiring kemampuan Anda yang semakin meningkat. Untuk mendapatkan kemampuan dan skill mumpuni maka Anda harus memilih perguruan tinggi yang tepat selama kuliah.

IDS Digital College bisa menjadi pilihan. Sekolah tinggi ini memiliki program dengan lulusan Strata 1 atau Sarjana. Keunggulan yang dimiliki yaitu sistem pembelajaran yang membantu mahasiswa siap bersaing baik di bidang bisnis atau dunia kerja. Kerja sama dengan PSG School of Technology, India juga menjadi kelebihan tersendiri. Selangkapnya mengenai IDS Digital College ada di website ids.ac.id.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *