Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak

Tumbuh kembang anak merupakan sebuah hal yang pasti terjadi pada setiap orang. Mulai dari kecil hingga beranjak dewasa kedua hal tersebut masih terus terjadi. Apalagi saat kecil dimana sering disebut dengan masa keemasan yang tentunya merupakan fase yang baik dalam memberikan berbagai macam dukungan dalam belajar.

Tugas ini merupakan tanggung jawab orang tua yaitu Mam dan Pap sebagai guru dalam keluarga. Oleh karena itu perkembangan anak harus diperhatikan dengan baik oleh para orang tua. Perkembangan pada anak akan terjadi pada beberapa aspek. Semua aspek tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing dan tentunya perlu didukung dengan metode yang sesuai. Memahami setiap perkembangannya merupakan sebuah keharusan bagi orang tua.

perkembangan anak
Perkembangan anak

Berikan perhatian di setiap tahapan perkembangan

Tahapan perkembangan terdiri dari beberapa aspek di dalamnya. Mulai dari tahapan perkembangan kognitif yang menuntut anak untuk dapat berpikir dan merepresentasikan apa yang didapatnya. Tugas dari orang tua yaitu harus memiliki metode belajar yang sesuai dengan aspek ini. Misalnya untuk aspek kognitif harus diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat bantu gambar, musik, gerakan dan sebagainya. Hal ini membantu daya ingat dan daya berpikirnya.

Selain itu, ada pula aspek emosionalnya yang mengaruskan Mam dan Pap harus lebih peka terhadap perasaan Si Kecil. Perasaan tersebut harus bisa dituangkan dengan baik agar interaksi terhadap orang lain bisa dilatih sejak di lingkungan keluarga.

Tahapan lainnya adalah aspek bahasa yang menuntut Si Kecil untuk bisa memahami kosakata dengan baik. Maka dari itu Mam harus memberikan porsi pembelajaran bahasa yang sesuai dan konsisten diberikan kepada Si Kecil.

Selanjutnya ada aspek motorik dimana kemampuan gerakan anggota tubuh mulai muncul. Tugas Mam dan Pap tentunya mengawasi setiap apa yang dilakukan Si Kecil untuk dapat berkembang dengan baik. Misalnya saat belajar berjalan, belajar menggenggam benda dan sebagainya.

Mam dan Pap harus memahami bahwa tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Dalam memastikan si Kecil agar dapat tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Dalam memberikannya harus disesuaikan dengan usia dan rutin diberikan, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun.

Kehadiran Wyeth Nutrition dengan produk varian  susu S-26 GOLD. Beberapa variannya diantaranya S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Susu S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD mengandung formulasi MULTIEXCEL™ αLipids System®. Hal ini dapat mendukung kemampuannya dalam belajar progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *