Ketahui Tahapan Tumbuh Kembang Anak 1-3 Tahun

Tumbuh kembang yang dialami oleh setiap anak tentunya berbeda-beda pada setiap anak. Ini karena ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang yang dialami anak. Salah satunya seperti pemberian stimulus serta pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil. Kedua hal tersebut sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan baik.

Mam dan Pap haruslah memberikan stimulus yang tepat sesuai dengan usia dan tahapan tumbuh kembang si kecil. Serta mendukung proses belajar si Kecil dengan memberikan asupan nutrisi lengkap yang baik untuk tumbuh kembangnya. Mam juga perlu mengetahui bagaimana tahapan tumbuh kembang anak dalam setiap usianya. Berikut ini tahapan tumbuh kembang yang dialami si Kecil selama periode emasnya yakni usia 1-3 tahun.

tumbuh kembang anak
tumbuh kembang anak
  • Anak Usia 1 Tahun

Di usia 1 tahun kekuatan otot dan keseimbangan Si Kecil sudah mulai berkembang sehingga memudahkannya untuk berdiri tanpa bantuan siapapun selama beberapa saat. Si kecil juga sudah bisa mengambil benda kecil di antara ibu jari dan jari telunjuk. Untuk kemampuan berkomunikasi, pada usia 1 tahun si Kecil sudah bisa mengucapkan kata pertamanya, bahkan menyatukan dua kata sekaligus. Seperti misalnya “mama”, “papa”, dan kata lainnya. 

  • Anak Usia 2 Tahun

Di usia 2 tahun kekuatan otot dan keseimbangan Si Kecil sudah lebih terasah. Sehingga si si Kecil bisa mulai berjalan lebih lancar, berlari secara perlahan, dan melakukan lompatan kecil. Di Kecil juga sudah mulai bisa menyatukan beberapa kata sekaligus meskipun masih terbata-bata. 

  • Anak Usia 3 Tahun

Pada usia 3 tahun, kebanyakan anak sudah bisa menggunakan kedua tangan. Tahapan tumbuh kembang anak pada usia ini memiliki kemampuan koordinasi antar otot yang sudah berkembang baik. Sehingga si Kecil sudah bisa melakukan berbagai kegiatan seperti mengayuh sepeda, menggunakan pensil, menggambar, dan aktivitas lainnya.

Kemampuan bahasa Si Kecil di usia 3 tahun juga sudah meningkat seiring dengan pertambahan usianya. Si kecil sudah bisa berbicara dalam kalimat singkat.  Daya imajinasi Si Kecil juga sudah mulai berkembang. 

Tahapan tumbuh kembang setiap anak tentu berbeda-beda untuk setiap fase pertumbuhannya. Guna memastikan si Kecil bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, selain pemberian stimulus yang tepat juga dibutuhkan pemberian nutrisi yang lengkap. Pemberian nutrisi perlu dilakukan dalam bentuk makanan bergizi yang dilengkapi dengan susu pertumbuhan. 

Wyeth Nutrition menghadirkan rangkain produk varian susu pertumbuhan anak S26 untuk anak usia 1-3 tahun dan untuk anak usia 3 tahun ke atas. Dukung kebutuhan nutrisi si Kecil dengan rangkaian susu Wyeth Nutrition agar dari belajar jadi hebat. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *