5 Penyebab Iritasi Mata yang Harus Dihindari

iritasi mata

Mata yang mengalami iritasi tentu saja bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Pasalnya, iritasi mata menimbulkan beberapa gejala seperti mata gatal, mata merah, mata berair, sakit mata, penglihatan kabur, hingga sensitif terhadap cahaya. Sebelum mengetahui cara mengobati iritasi, Anda juga perlu tahu penyebabnya.

Penyebab Iritasi Mata

Langsung saja, berikut ini penyebab mengapa mata bisa mengalami iritasi:

1. Paparan Iritan

Salah satu penyebab paling umum iritasi pada mata yaitu karena paparan iritan. Lingkungan yang buruk menyebabkan mata berisiko terkena iritan. 

Mulai dari asap, partikel debu, polusi, uap kimia, dan lain sebagainya. Jika terpapar iritan, pertolongan pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membilas mata dengan air bersuhu ruang selama 15-20 menit. 

2. Kemasukan Benda Asing

Benda asing yang masuk ke mata juga bisa menyebabkan iritasi. Contohnya kerikil kecil, bulu mata, debu, dan lain sebagainya. Saat mengalami hal tersebut, Anda harus mengeluarkan benda asing terlebih dahulu. Setelah itu, teteskan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi. 

3. Terlalu Lama di Depan Layar

Terlalu lama menatap layar gadget seperti televisi, komputer, HP, laptop, dan lain sebagainya juga bisa membuat mata infeksi. Pasalnya, mata akan kering dan membuatnya lebih mudah iritasi. Selain itu, terlalu lama di depan layar juga memicu nyeri leher, sakit kepala, dan bahu.

4. Infeksi

Penyebab mata iritasi selanjutnya yaitu infeksi virus, bakteri, dan jamur. Infeksi terkadang juga bisa menyebabkan masalah lain seperti belekan. Sebenarnya, belekan bisa sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Namun, Anda sebaiknya segera mengobatinya agar tidak semakin parah.

5. Saluran Air Mata yang Tersumbat

Penyebab iritasi yang terakhir yaitu saluran air mata yang tersumbat. Saat saluran air mata tersumbat, maka air mata tidak akan mengalir dengan benar. Gejala iritasi akibat saluran air mata yang tersumbat yaitu nyeri di sekitar sudut dalam mata, pengerasan kulit pada kelopak mata, dan lain-lain.

Nah, itulah informasi mengenai penyebab iritasi mata yang harus Anda hindari. Iritasi pada mata bisa Anda obati dengan obat tetes mata. Obat tetes mata bisa melembabkan sehingga mata tidak akan kering. Selain itu, pastikan Anda menghindari penyebab iritasi agar mata selalu sehat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *