Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak Tanpa Obat Kimia

Ada banyak jenis obat batuk untuk anak-anak yang ada di pasaran. Namun tahukah bunda, bahwa ternyata ada cara menyembuhkan batuk pada anak tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia. Nah, di sini kami akan coba membahasnya kepada Anda. Tujuannya agar Anda bisa meredakannya secara alami.

Semua cara yang kami bagikan di sini tidak ada efek samping. Bisa bunda aplikasikan langsung. Berikut cara-caranya:

  1. Istirahat yang Cukup

Ternyata batuk pada anak-anak bisa diredakan dengan cara yang sangat mudah. Salah satunya yaitu dengan memberi waktu istirahat cukup pada si kecil. Bahkan, cara ini tergolong bagus dan dapat memulihkan batuk secara cepat, terutama untuk jenis batuk berdahak.

cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak

Ajak si kecil beristirahat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga memulihkan kondisi tersebut. Dengan istirahat, sel imun si kecil menjadi semakin efektif dan mudah menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus.

  1. Memenuhi Cairan Tubuh

Bunda bisa memberi si kecil air putih 6 hingga 8 gelas setiap hari. Tujuannya agar tubuh si kecil tetap terhidrasi secara optimal. Selain itu, minuman juga dapat membantu mengencerkan dahak dan juga meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

Pastikan Anda mengatur minum air putih setiap hari agar hasilnya optimal. Pilih juga jenis air hangat karena dapat membantu mengurangi rasa sakit pada dada saat anak batuk.

  1. Mengatasi Batuk dengan Kacang Almond

Tidak banyak yang tahu kalau ternyata kacang almond ini mengandung antioksidan dan phytochemical yang dapat meredakan batuk pada anak-anak. Bunda bisa memberinya sebagai cemilan. Atau bisa juga dicampurkan dengan susu sapi. Selain itu bisa juga dijadikan selesai.

Untuk mengatasi batuk, sebaiknya bunda haluskan terlebih dahulu kacang almond. Pastikan teksturnya sehalus mungkin. Buatlah menjadi pasta kemudian campurkan pada minuman maupun makanan.

  1. Buah dan Madu

 Ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa bunda pilih sebagai makanan yang bagus untuk meredakan batuk. Buah-buahan tersebut di antaranya seperti buah malaka, anggur, dan lemon. 3 buah tersebut memiliki kandungan yang bagus untuk mengatasi batuk dan membuat pernafasan lancar.

Bunda bisa menambahkan madu agar rasanya lezat dan disukai oleh anak-anak. Madu bisa langsung dicampurkan pada olahan buah-buahan tersebut. Misalnya seperti campuran untuk perasan lemon dan air hangat.

  1. Meredakan Batuk dengan Daun Sirih

Cara ini sudah sering dilakukan oleh orangtua zaman dulu. Meredakan batuk dengan daun sirih merupakan resep turun temurun. Meski begitu, ternyata resep ini masih tetap ampuh hingga saat ini karena bisa dijelaskan secara ilmiah. Pasalnya, daun sirih ini mengandung antioksidan dan kandungan detoksifikasi.

Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu jenis daun yang bagus untuk kesehatan. Bahkan daun sirih dapat memberikan efek hangat pada tubuh si kecil. Cara mengolahnya pun sangat mudah sekali.

Silahkan Anda rebus beberapa lembar daun sirih. Setelah itu tempelkan daun sirih yang sudah direbus tadi pada dada si kecil dan juga pada sekitaran leher si kecil. Lakukan secara rutin hingga batuk si kecil reda.

Kesimpulan

Cara alami terbukti ampuh dan aman karena menggunakan bahan-bahan terbaik yang alami. Semua cara di atas hanya beberapa yang bisa Anda lakukan. Meski begitu, cara di atas sangat bagus untuk meredakan batuk yang disertai dengan gatal.

Itulah berbagai cara menyembuhkan batuk pada anak tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia. Namun, jika batuk tidak kunjung berhenti, bunda harus membawanya ke dokter terdekat. Semoga informasi ini bisa membantu wawasan dunia kesehatan anak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *