Cara Agar Cepat Hamil Pasca Melahirkan

Banyak pertanyaan yang muncul pasca melahirkan. Salah satunya adalah bagaimana cara agar cepat hamil setelah melahirkan? Atau berapa lama seorang wanita bisa Kembali hamil setelah melahirkan normal?

Pada umumnya, seorang ibu akan mengalami masa postpartum yang berlangsung 4-24 minggu setelah proses persalinan, namun apakah setelah masa ini seorang wanita bisa hamil kembali? 

cara agar cepat hamil
Cara agar cepat hamil
  • Berapa Lama Seorang Wanita Bisa Hamil Kembali?

Saat ingin merencanakan kehamilan, seorang wanita perlu mengetahui masa suburnya. Masa subur inilah yang menjadi tanda bahwa sel telur telah matang dan siap untuk dibuahi. Namun, sebaiknya berilah waktu kepada rahim untuk membersihkan dirinya dan menyiapkan ruang untuk bereproduksi kembali.

Pada umumnya, rahim membutuhkan waktu sekitar 6  minggu untuk mencapai masa ovulasi. Namun, waktu ovulasi ini akan berbeda-beda bagi setiap perempuan, sehingga sulit untuk mengetahui kapan waktu tepatnya seorang wanita untuk berovulasi.

Tanda ovulasi yang dapat dijadikan acuan adalah dengan memperhatikan masa menstruasi. Menstruasi pertama yang datang pasca melahirkan dapat menjadi tanda rahim yang telah berovulasi dan siap untuk kembali hamil. Anda bisa memanfaatkanya dengan menghitung masa subur dan kembali menjadwalkan hubungan intim dengan  memperhatikan 8 Cara Agar Cepat Hamil Saat Berhubungan.

Dokter kandungan pada umumnya menyarankan pasangan untuk bersabar selama 4-6 minggu setelah melahirkan normal. Namun, bukan berarti ibu dapat langsung hamil ya setelah setelah berhubungan intim. Masing-masing ibu akan berbeda. Ada yang dapat langsung hamil bahkan sebelum menstruasi pertamanya tiba, di sisi lain ada juga yang kehamilannya datang berbulan-bulan kemudian pasca menstruasi pertamanya.

Datangnya kehamilan ini sangat dipengaruhi oleh kesuburan dari ibu itu sendiri. Banyak faktor yang menentukan kesuburan seorang ibu.

  • Lamanya Pemberian ASI

Pemberian ASI juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ovulasi, karena siklus menstruasi akan melambat saat ibu memberikan ASI. Pemberian ASI eksklusif sebenarnya menjadi kontrasepsi alami untuk mencegah terjadinya kehamilan dalam waktu dekat.

Selain faktor diatas, cara agar cepat hamil sangat ditentukan oleh faktor kesuburan dari ibu, seperti adanya gangguan kesehatan, stress, dan adanya gangguan tidur.

Ibu yang tidak menyusui pada umumnya akan mendapatkan masa menstruasi yang lebih cepat jika dibandingkan ibu yang menyusui. Menstruasi pertama akan datang sekitar enam minggu, sehingga peluang kehamilan pun akan lebih tinggi.

  • Kapan Waktu Terbaik Untuk Hamil Setelah Melahirkan

Mungkin saja ibu ingin segera menantikan kehamilan selanjutnya dan mengurus buah hati bersamaan, namun sebaiknya ibu tetap memberi jeda antara masa kelahiran dengan kehamilan berikutnya.

Selain memberi kesempatan rahim untuk beristirahat, ibu juga harus fokus untuk merawat si kecil hingga nanti akhirnya benar-benar siap untuk kembali hamil dan melahirkan.

US Department of Health and Human Services merekomendasikan waktu 1 tahun bagi ibu untuk menunggu hingga siap hamil kembali pasca melahirkan.

Sebelum memutuskan untuk hamil, ayah dan ibu harus mempertimbangkan kesehatan ibu dan juga janin nantinya. Pasalnya, kehamilan dengan jarak kurang dari enam bulan beresiko prematur dengan berat di bawah normal dibandingkan kehamilan dengan jarak 18-23 bulan (Menurut jurnal Obstetrics and Gynecology).

Idealnya sebaiknya ayah dan ibu fokus dahulu untuk merawat kakak dibandingkan mencari cara agar cepat hamil. Kakak masih membutuhkan perhatian ayah dan ibu hingga nanti siap mendapatkan adik. Dengan begini, ibu tentu lebih nyaman, karena kakak akan tumbuh optimal dan ibu juga telah siap untuk kehamilan selanjutnya. Sama-sama menyiapkan semuanya ya bu. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *