Ketahui 8 Nutrisi Tumbuh Kembang Anak yang Penting

Asupan nutrisi yang seimbang memiliki peran yang penting untuk anak-anak usia dini dalam pertumbuhannya. Bagi anak-anak terutama di usia 1-3 tahun, asupan nutrisi seimbang berperan dalam menunjang tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun kecerdasannya. Nutrisi seimbang tidak hanya penting dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh si Kecil, ini juga penting untuk mendukung perkembangan anak. Nutrisi tumbuh kembang anak harus dipenuhi dengan baik agar pertumbuhan dan perekembangannya berjalan secara optimal.

Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting dalam proses perkembangan anak. Dimana pada masa tersebut, anak-anak mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang berjalan sangat pesat. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, anak-anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk mendukung tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan baik juga perlu dilakukan agar mereka tidak mengalami kekurangan zat gizi. Yang mana dapat menyebabkan proses tumbuh kembangnya terhambat atau bahkan terlambat dari tahapannya.

Gizi yang terdapat dalam makanan yangdikonsumsi anak harus benar-benar diperhatikan dengan baik oleh para orangua. Ini karena tidak semua sumber makanan yang diberikan untuk anak memiliki manfaat yang baik untuk proses tumbuh dan kembangnya. Setiap orangtua perlu mengenali nutrisi tumbuh kembang anak yang tepat untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkambangan anak berjalan dengan maksimal. Berikut ini nutrisi penting yang dibutuhkan anak selama tumbuh kembangnya.

Nutrisi tumbuh kembang anak
Nutrisi tumbuh kembang anak

  • Protein

Protein menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak. Protein berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan fisik anak yang berperan untuk memproduksi sel baru dalam tubuh. Protein juga memiliki peran penting sebagai pemecah makanan menjadi energi, membawa oksigen, melawan infeksi, untuk memelihara dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan protein si Kecil, bisa dilakukan dengan memberikan makanan dengan kandungan protein seperti daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

  • Karbohidrat

Nutrisi yang juga dibutuhkan anak untuk mendukung proses tumbuh kembangnya yaitu karbohidrat. Ini merupakan salah satu sumber energi penting untuk anak dalam masa pertumbuhannya. Karbohidrat juga berperan untuk membantu tubuh menggunakan lemak dan protein guna memperbaiki jaringan tubuh. Sumber karbohidrat bisa ditemukan dalam beras, gandum, kentang, singkong, atau gula.

  • Lemak

Lemak ternyata menjadi penyumbang energi yang lebih banyak dibandingkan dengan karbohidrat. Lemak juga berperan penting sebagai pelarut dari vitamin A, D, E, dan K dalam tubuh. Lemak yang cukup juga dapat membantu tumbuh kembang si Kecil baik fisik maupun otaknya berjalan dengan baik. Kebutuhan lemak Si Kecil bisa dipenuhi melalui sumber makanan seperti daging, ikan, susu, kacang-kacangan dan alpukat.

  • Kalsium

Kalsium memiliki manfaat untuk membantu pembentukan gigi dan menjaga kepadatan tulang anak selama pertumbuhannya. Kandungan kalsium juga membantu pembekuan darah dan menjaga fungsi saraf, otot dan jantung. Kalsium bisa didaptkan dari asupan gizi seperti susu, keju, kuning telur, brokoli, bayam, tofu, dan lainnya.

  • Zat besi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak. Ini adalah komponen utama dari pembentukan hemoglobin yang berperan untuk membawa oksigen menuju ke seluruh tubuh. kebutuhan zat besi bisa tercukupi dengan mengkonsumsi daging merah, daging ayam, dan kacang-kacangan.

  • Folat

Folat tidak hanya penting bagi calon ibu, namun nutrisi ini juga penting untuk menopang tumbuh kembang anak. Folat merupakan bentuk vitamin B komplek larut dalam air yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah dan mempercepat pertumbuhan sel. Ini juga berperan dalam menjaga kesehatan otot dan saraf serta memperkuat sistem imun terlebih bagi bayi. Makanan yang mengandung folat seperti lentil (sejenis kacang-kacangan), buncis, bayam, asparagus, kacang merah, dan lainnya.

  • Serat

Makanan yangkaya serat dipercaya baik untuk memelihara kesehatan pencernaan. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat membantu anak untuk kenyang lebih lama sehingga berat badannya bisa terkontrol. Makanan yang kaya serat didaptkan dari buah-buahan, sayuran hijau, roti gandum, kacang-kacangan, dan lainnya.

  • Vitamin

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak sekali jenis Vitamin yang mampu menjaga kesehatan tubuh seperti Vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Kemudian Vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Serta Vitamin B, D, E, K dan lainnya dengan manfaatnya masing-masing.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *